Selasa, 03 Oktober 2017

Contoh Laporan Perjalanan Karya Wisata Siswa Ke Jakarta - Bandung




LAPORAN PERJALANAN
KARYA WISATA SISWA KE JAKARTA – BANDUNG
20 – 23 APRIL 2017
 
 

Oleh :
                                                Nama              : Tifania Maharani
                                                NIS                 : 1116
SMP NEGERI 2 SELOPAMPANG
KABUPATEN TEMANGGUNG
2017

LEMBAR PENGESAHAN
Laporan perjalanan karya wisata siswa ini telah disetujui dan disahkan pada :
Hari                 : Rabu
Tanggal           : 31 Mei 2017
Mengetahui
            Wakil Kepala Sekolah                                                 Guru Mata Pelajaran
            Bidang Kesiswaan                                                      Bahasa Indonesia
            SRI HARTANTO,S.Pd                                            MIFTAH DYAH M, S.Pd
            NIP. 19820227 200903 1 003                                   NIP. 19790514 200604 2 008
Kepala Sekolah
SMP Negeri 2 Selopampang
RIDWAN, S.Pd.,M.Si
NIP. 19650617 198703 1 011
KATA PENGANTAR
            Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Esa berkat limpahan rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan laporan perjalanan ke Jakarta-Bandung”  dengan baik sesuai apa yang kami harapkan.
            Topik laporan yang dibahas adalah kunjungan wisata ke Jakarta – Bandung dan sekitarnya yang diikuti oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Selopampang.
            Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang memberikan dukungan dan bantuan secara moral maupun material dalam proses penyelesaian laporan.
Terselesaikannya laporan ini tentu tidak lepas dari bantuan banyak pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada:
1. Bapak kepala sekolah, yang telah mengizinkan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan karya  wisata.
2. Guru Pembimbing, yang telah menjaga dan memberi pengarahan yang kami butuhkan sehingga kami bisa tahu hal-hal yang kami belum tahu dan telah memberikan pengarahan tentang cara menyusun laporan sehingga kami bisa menyusun laporan dengan baik.
3. Wali Kelas, yang telah memberi pengajaran dan telah mendampingi kami waktu karya wisata berlangsung.
4. Ayah dan Ibu,yang telah memberikan dana, dorongan dan kasih sayang sehingga kami bisa berangkat ke Jakarta dan Bandung dengan tenang dan lancar.
5. Teman-temanku,yang telah mendampingi dan melindungi penulis waktu karya wisata berlangsung dan membantu serta memberi dorongan kepada penulis sehingga penulis bisa menyelesaikan laporan.
6. Pembaca yang budiman
Laporan ini disusun untuk melengkapi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, kami berharap semoga laporan karya wisata ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan menjadi referensi untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
Oleh karena itu, kami mengharap segala kritik dan saran yang membangun dan dapat menjadikan laporan ini jauh lebih baik lagi. Kami mohon maaf setulus-tulusnya atas kesalahan maupun kekurangan dalam penyusunan laporan ini.
                                                                                                            Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL …………………………………………………………………..
LEMBAR PENGESAHAN ……………………………………………………………
KATA PENGANTAR …………………………………………………………………
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………..
BAB I. PENDAHULUAN
            A.    Latar Belakang Karya Wisata …………………………………………………..
            B.     Tujuan Karya Wisata ………………………………………………..………….
            C.     Manfaat  Karya Wisata ………………………………………………………...
BAB II. ISI
            A.    Waktu Pelaksanaan Karya Wisata ……………………………………………...
            B.     Tempat / Lokasi Perjalanan …………………………………………………….
            C.     Peserta Karya Wisata …………………………………………………………..
            D.    Jadwal Kegiatan Karya Wisata ………………………………………………....
            E.     Hasil Karya Wisata ……………………………………………………………..
1.      Dunia Fantasi ……………………………………………………………….
2.      Gelanggang Samudra ……………………………………………………….
3.      PP IPTEK ………………………………………………………………….
BAB III. PENUTUP
            A.    Kesimpulan ………………………………………………………………….….
            B.     Saran …………………………………………………………………………...
      Daftar Pustaka .................................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Karya Wisata
Jakarta merupakan kota yang sering disebut sebagai Ibukota Jakarta. Kota Jakarta adalah kota yang sangat indah dan unik, karena di Jakarta terdapat banyak wisata yang ramai akan pengunjung, diantaranya adalah : Gelanggang Samudera Ancol ( GSA ), Dunia Fantasi ( Dufan ), Pantai Marina Ancol, PP IPTEK TMII, Museum Transportasi dan Teater Imex Keong Mas. Banyak orang yang menyukai akan pemandangan dan tempat wisata yang ada di Jakarta. Bahkan ada orang asing yang dating ke Jakarta hanya untuk menyaksikan indahnya pemandangan dan tempat wisata.
Meskipun Jakarta udaranya sangat panas, tetapi banyak orang yang suka tinggal di Jakarta. Jadi Jakarta adalah kota yang paling banyak disukai orang. Ketika di Pantai Marina Ancol pemandangannya begitu indah dan juga ramai akan pengunjung. Beberapa jam kemudian para pengunjung menikmati ombak laut yang indah. Jakarta juga sering terkena banjir ketika hujan sangat deras.
Tujuan pembuatan karya tulis ini di antaranya untuk memenuhi tugas sekolah khususnya yang berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, agar siswa menambah ilmu pengetahuan yang diperoleh di sekolah dan salah satu bidang studi yaitu :Bahasa Indonesia,IPS, dan PKN.
B.     Tujuan Karya Wisata
Setiap kegiatan pasti memiliki tujuan , adapun tujuan kami dalam melakukan penelitian dari objek-objek wisata , diantaranya :
1.Sebagai salah satu tugas Bahasa Indonesia.
2.Untuk menambah pengetahuan siswa.
3.Untuk menambah pengalaman.
4.Untuk mengembangkan potensi,etika,estetika, dan pratika.
5.Untuk memupuk rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa.
6.Dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah didapat sehingga dapat  
   bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
7.Bermanfaat bagi pembaca dalam menambah pengetahuan mengenai seputar objek
8.Menambah kreativitas
C.     Manfaat Karya Wisata
1. Menambah dan meningkatkan pengetahuan/wawasan tentang nilai-nilai Religius, Sejarah, Tekhnologi, Ilmu Pengetahuan dan Rekreasi.
2. Meningkatkan apresiasi dan kreasi siswa.
3. Meningkatkan rasa cinta tanah air dan budaya bangsa.
4. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pengalaman baru yang   bersifat langsung.
5. Membangun keakraban antar siswa dan guru
BAB II
ISI
A.    Waktu Karya Wisata
Karya wisata dilaksanakan pada tanggal 20 sampai 23 April 2017.
B.     Tempat / Lokasi Perjalanan
Tempat / lokasi perjalanan karya wisata adalah Jakarta – Bandung.
C.     Peserta Karya Wisata
Peserta karya wisata adalah kelas VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D.
D.    Jadwal Kegiatan Karya Wisata
Hari Pertama tanggal 20 April 2017
            Jam 07.00 WIB           Meninggalkan kota Temanggung menuju ke Jakarta
                                                lewat jalur utara.
            Jam 13.00 WIB           Transit di rumah makan Kedung Roso untuk makan siang
                                                dilanjutkan sholat.
            Jam 20.00 WIB           Dipersilahkan makan malam dan istirahat di Graha
                                                Ragunan.
Hari Kedua tanggal 21 April 2017
Jam 07.30 WIB           Meninggalkan Graha Ragunan menuju ke Ancol GSA
s/d jam 13.00 WIB      dan 4 Dimensi dilanjutkan makan siang dan sholat.
           
            Jam 14.00 WIB           Meninggalkan Gelanggang Samudra menuju Dunia
            s/d jam 18.00 WIB      Fantasi meninggalkan Dunia Fantasi
                                                Menuju ke penginapan Graha Ragunan untuk mandi
                                                dilanjutkan istirahat tidur (makan malam di Ancol).
Hari Ketiga tanggal 22 April 2017
            Jam 07.00 WIB           Para siswa dipersilahkan untuk sarapan pagi dan
                                                persiapan untuk meninggalkan hotel.
            Jam 08.00 WIB           Meninggalkan Graha Ragunan menuju ke PP IPTEK
                                                TMII.
            Jam 10.00 WIB           Meninggalkan PP IPTEK TMII menuju museum
                                                Transportasi.
            Jam 11.000 WIB         Meninggalkan museum Transportasi menuju Imex
            Jam 13.00 WIB           Keong Mas dilanjutkan makan siang.
            Jam 13.00 WIB           Meninggalkan TMII menuju Cibaduyut.
            Jam 18.00 WIB           Meninggalkan Cibaduyut untuk menuju rumah makan
            s/d   19.00 WIB          Simpang Raya. Para siswa dipersilahkan untuk makan
                                                malam di Rumah Makan Simpang Raya.
Hari Keempat tanggal 23 April 2017
           
Jam 06.00 WIB           Kalau jalan tidak macet diharapkan sudah sampai di kota
                                                Temanggung tercinta.
E.     Hasil Karya Wisata
1.      Dunia Fantasi
Dunia Fantasi dibuka untuk umum 29 Agustus 1986, populer dengan sebutan "Dufan", adalah theme park pertama yang dikembangkan oleh Ancol, merupakan pusat hiburan terbesar di Indonesia mengajak pengunjung ber - Fantasi Keliling Dunia, dengan menampilkan wahana - wahana permainan berteknologi tinggi, terbagi kedalam 8 tema kawasan, yaitu : Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat dan Balada Kera.
                     Sejarah Dunia Fantasi
Dunia fantasi atau disebut juga Dufan yang diresmikan pada 29 Agustus 1985 adalah   tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol (Ancol taman impian), Jakarta Utara, Indonesia. Dunia Fantasi memiliki maskot seekor kera bekantan yang bernama Dufan lahir tanggal 29 Agustus 1985.
Dufan merupakan tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara dengan luas sekitar 9.5 hektar. Memiliki beraneka macam wahana yang menarik. Selain atraksi permainan, kawasan ini juga memiliki sejumlah restoran dan toko-toko suvenir.
Mengenal Karakter/Maskot Dunia Fantasi
1.      Dufan    : dunia fantasi
2.       Dufi
3.       Kabul   : katak gembul
4.       Bije      : bison jenaka
5.       Garin    : garuda indonesia
6.       Tanit     : tapir genit
7.       Kombi  : komodo gembira
8.       Cili       : kancil licik
9.       Barus    : babi rakus
2.      Gelanggang Samudera Ancol
Gelanggang Samudra Ancol merupakan sebuah oseanarium atau oceanarium. Oseanarium merupakan taman mamalia laut dan mahluk laut lainnya. GSA terletak di Jakarta Utara. Sejak awal berdirinya pada tahun 1966, Ancol Taman Impian atau biasa disebut Ancol sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Pemda DKI menunjuk PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan perekonomian nasional serta daya beli masyarakat.Selain menikmati rekreasi bersama keluarga, di sini anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan yang menarik mengenai mamalia laut seperti lumba-lumba, paus, singa laut, dan binatang laut lainnya. Gelanggang Samudra Ancol juga menjadi sarana konservasi satwa laut. Wahana utama yang terdapat di Gelanggang Samudra, Ancol. Pertama, adalah wahana pertunjukan Aneka Satwa, wahana pertunjukan Singa Laut, wahana pertunjukan Lumba-Lumba, serta wahana Sinema 4D, Underwater Theater.
-Pertunjukan Aneka Satwa
Pertunjukan paling awal, Anda dapat menyaksikan pentas aneka satwa. Pertunjukan akan dimulai dengan aksi dari 2 ekor berang-berang. Mereka akan beraksi dengan berjalan di atas lingkaran yang menyerupai roda, naik sepeda, berjualan bakso dan bermain basket.
Selanjutnya, akan tampil beruang madu yang beraksi dengan berputar, menangkap hula hup, mengendarai mobil dan berolahraga. Kehadiran kuda nil besar yang diiringi dengan musik Jawa merupakan bagian terakhir. Menurut pelatihnya, berat badan kuda nil ini lebih dari 1 ton. Pelatih akan memberikan makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan dalam jumlah banyak sekaligus. Kuda nil yang membuka mulut besarnya sambil mengunyah makanan menjadi penutup pertunjukan. Tingkah dari satwa-satwa tersebut akan membuat Anda dan anak-anak tertawa karena ditambah komentar dari pengisi suara yang lucu dan cocok dengan tingkah satwa.
      -Underwater Theater
Menyajikan pertunjukan Russian Beauty of The Sea. Dalam pertunjukan itu, tujuh pemainnya adalah penari balet dalam air dari Rusia. Para penari itu berkolaborasi dengan enam penyelam asal Indonesia dan empat lumba-lumba. Pertunjukan tersebut masih dipadu lagi dengan teknologi multimedia yang menarik.
    -Film 4D
Pertunjukan film ini menarik, karena kita menonton film 3D dengan menggunakan kaca mata khusus, duduk di kursi yang dapat bergerak, lalu ditambah dengan special effect seperti hembusan angin, cipratan air, dll. Sehingga penonton seakan-akan ada di dalam film tersebut. Mirip dengan salah satu atraksi di Universal Studio Singapore (Shrek 4D)
-Scorpion Pirate
Menyerupai setting pertempuran laut melawan bajak laut kalajengking dengan maneuver jet ski yang dipadu dengan atraksi terjun bebas dan menyelam! Seluruh kombinasi dari penerapan teknologi spesial efek, design setting lokasi, sampai persiapan yang matang dari stunment professional adalah sebuah paket yang membungkus sebuah show menjadi sempurna dan mempunyai magnet tersendiri.
3.      PP IPTEK
Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Science Center) atau disingkat PP-IPTEK Adalah sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif. Gagasan pendiriannya berawal dari Mentri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Prof.Dr.B.J.Habibie, yang berkeinginan bagaimana mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Dibangunlah PP-IPTEK digedung terminal B Skylift-TMII di atas lahan seluas 1000 m2 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1991.
Pada perkembangannya, PP-IPTEK menempati gedung baru terletak di poros utama kawasan timur Taman Mini "Indonesia Indah" menghadap Monumen Persahabatan KTT Non Blok. Gedung ini bergaya arsitektur futuristic dengan luas bangunan 24.000 m2 di atas lahan 42.300 m2, merupakan bangunan besar yang menempati areal terluas ke dua di TMII, dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 10 November 1995.
Pusat peragaan ini dibangun dengan maksud menyadarkan masyarakat mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia secara sangat cepat.Arah perkembangan ini harus disadari agar kita dapat mengikutinya untuk kemudian maju bersama perkembangan tersebut.peragaan di PP-IPTEK dibuat sangat menyenangkan dan menghibur, melalui berbagai program dan peragaan interaktif yang dapat disentuh dan dimainkan. Melalui interaksi ini, diharapkan mampu mendorong tumbuhnya pemikiran tentang apa, mengapa dan bagaimana iptek digali dan dimanfaatkan bagi umat manusia agar lebih nyaman dan sejahtera.
Momok mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi yang serius dan membosankan terbantahkan.Pengunjung dapat mengembangkan motivasi dalam memahami prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mudah dan berkesan melalui 250 alat peraga yang bisa disentuh, dipegang dan dimainkan. Peraga disiapkan untuk anak-anak dari taman kanak-kanak (TK) sampai dengan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dan di sediakan lembar kerja sains yang akan memandu anak didik untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi agar lebih terarah dan intensif. Beberapa alat peraga menantang misalnya sepeda layang, roket air, try science, generator van de graft, dan simulator gempa bumi.
Kegiatan yang ditawarkan kepada pengunjung beragam dan disesuaikan dengan sasaran: untuk tingkat taman kanak-kanak, sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah umun (SMU), dan keluarga ; meliputi sanggar kerja dan demo ilmu pengetahuan dan teknologi, pelatihan perancangan alat peraga, science fair, pelatihan proses ilmu pengetahuan alam, pelatihan peduli lingkungan hidup, science camp, peneropongan bintang, aneka lembar kreatifitas dan kuis, dan lomba perancangan alat peraga.
Disamping itu pengunjung bisa menyaksikan film-film ilmiah yang diputar di ruang auditorium berkapasitas tempat duduk 130 orang untuk menambah ilmu pengetahuan yang menghibur dan dapat memahami sains dengan cara yang mudah dan menyenangkan.
IPTEK tidak hanya menyediakan sarana untuk penduduk Jakarta dan sekitarnya, melainkan juga memiliki program kegiatan outreach ke mal dan pusat keramaian, desa, sekolah, dan daerah dengan membawa peralatan peraga yang bersifat portable
BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Dengan adanya pembuatan karya tulis ini kami dapat memperoleh manfaat yang akan kami jadikan pelatihan di jenjang selanjutnya. Sehingga dalam pembuatan karya tulis merupakan pelatihan bagi kami semua. Serta dalam pembuatan karya tulis ini membuat kami lebih terampil dan bertanggung jawab menyelesaikan tugas yangtaelah kami terima. Dan dari beberapa objek yang telah kami kunjungi maka dapat kami simpulkan bahwa objek-objek itu mempunyai potensi dan manfaat dalam berpatisipasi pada pembangunan bangsa dewasa ini pada masa yang akan mendatang, khususnya di bidang pariwisata, pendidikan, dan kebudayaan.
Masing-masing objek yang kami kunjungi mempunyai ciri khas masing-masing. Sehingga tiap-tiap objek mempunyai manfaat dan daya guna yang lebih luas.Kami selaku siswa sangat senang,karena disetiap tempat yang penulis kunjungi mempunyai kelebihan dan keistimewaan tersendiri. Kami dapat berekreasi dengan senang,dan berekreasi ternyata sangat penting dalam menambah wawasan serta pengetahuan yang besar bagi kita dengan cara bermain. Ditanah air ini banyak bermacam-macam obyek wisata yang bisa kita kunjungi sebagai sarana bermain dan belajar.
B.   Saran-Saran
Untuk pihak pengelola di setiap objek wisata masih terdapat beberapa keadaan dan prasarana yang diperlakukan sebagai penunjang objek-objek tersebut antara lain:
·         Pengunjung hendaknya mendapatkan pelayanan yang menyenangkan, oleh karena itu setiap obyek hendaknya diucapkan yang bersifat untuk dipamerkan pemeliharaan juga penting dilakukan sehingga tidak mengecewakan pengunjung.
·         Obyek-obyek itu di perbaharui atau di tingkatkan lebih menarik perhatian para pengunjung sehingga dapat menambah penghasilan dan devisa Negara.
·         Obyek-obyek yang sifatnya sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesina hendaknya dijaga kemurnian dan kebersihan lingkungan.
·         Adanya buku-buku petunjuk dari objek itu sendiri yang memuat keterangan tentang objek tersebut, sejarah didirikannya, aturan-aturan yang harus dipatuhi dll.
·         Menambah waktu kunjungan di setiap objek wisata, sehingga siswa mendapatkan data-data yang lengkap. Dengan penambahan waktu diharapkan dapat menggali dan mendapatkan pengetahuan lebih banyak tentang objek wisata tersebut.



DAFTAR PUSTAKA
https://tmii.mssm.edu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar