LAPORAN PERJALANAN
KARYA WISATA SISWA KE JAKARTA – BANDUNG
20 – 23 APRIL 2017
Oleh :
Nama : Tifania Maharani
NIS : 1116
SMP NEGERI 2 SELOPAMPANG
KABUPATEN TEMANGGUNG
2017
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan
perjalanan karya wisata siswa ini telah disetujui dan disahkan pada :
Hari : Rabu
Tanggal : 31 Mei 2017
Mengetahui
Wakil Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Bidang Kesiswaan Bahasa
Indonesia
SRI
HARTANTO,S.Pd MIFTAH
DYAH M, S.Pd
NIP.
19820227 200903 1 003 NIP.
19790514 200604 2 008
Kepala Sekolah
SMP Negeri 2
Selopampang
RIDWAN, S.Pd.,M.Si
NIP. 19650617 198703 1 011
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Esa berkat limpahan
rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan laporan perjalanan ke Jakarta-Bandung” dengan baik sesuai apa yang kami harapkan.
Topik laporan yang dibahas adalah kunjungan wisata ke Jakarta – Bandung dan
sekitarnya yang diikuti oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Selopampang.
Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada semua pihak yang memberikan dukungan dan bantuan secara moral maupun
material dalam proses penyelesaian laporan.
Terselesaikannya laporan
ini tentu tidak lepas dari bantuan banyak pihak. Oleh karena itu, kami
mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada:
1. Bapak kepala sekolah,
yang telah mengizinkan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan karya
wisata.
2. Guru Pembimbing, yang
telah menjaga dan memberi pengarahan yang kami butuhkan sehingga kami bisa tahu
hal-hal yang kami belum tahu dan telah memberikan
pengarahan tentang cara menyusun laporan sehingga kami bisa menyusun laporan
dengan baik.
3. Wali Kelas, yang telah
memberi pengajaran dan telah mendampingi kami waktu karya wisata berlangsung.
4. Ayah dan Ibu,yang telah
memberikan dana, dorongan dan kasih sayang sehingga kami bisa berangkat ke
Jakarta dan Bandung dengan tenang dan lancar.
5. Teman-temanku,yang
telah mendampingi dan melindungi penulis waktu karya wisata berlangsung dan
membantu serta memberi dorongan kepada penulis sehingga penulis bisa
menyelesaikan laporan.
6. Pembaca yang budiman
Laporan ini disusun untuk
melengkapi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, kami berharap
semoga laporan karya wisata ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan menjadi
referensi untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
Oleh karena itu, kami
mengharap segala kritik dan saran yang membangun dan dapat menjadikan laporan
ini jauh lebih baik lagi. Kami mohon maaf setulus-tulusnya atas kesalahan
maupun kekurangan dalam penyusunan laporan ini.
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL …………………………………………………………………..
LEMBAR
PENGESAHAN ……………………………………………………………
KATA
PENGANTAR …………………………………………………………………
DAFTAR
ISI …………………………………………………………………………..
BAB
I. PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Karya Wisata …………………………………………………..
B.
Tujuan
Karya Wisata ………………………………………………..………….
C.
Manfaat Karya Wisata ………………………………………………………...
BAB
II. ISI
A.
Waktu
Pelaksanaan Karya Wisata ……………………………………………...
B.
Tempat
/ Lokasi Perjalanan …………………………………………………….
C.
Peserta
Karya Wisata …………………………………………………………..
D.
Jadwal
Kegiatan Karya Wisata ………………………………………………....
E.
Hasil
Karya Wisata ……………………………………………………………..
1. Dunia Fantasi
……………………………………………………………….
2. Gelanggang Samudra
……………………………………………………….
3. PP IPTEK ………………………………………………………………….
BAB
III. PENUTUP
A.
Kesimpulan
………………………………………………………………….….
B.
Saran
…………………………………………………………………………...
Daftar Pustaka
.................................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Karya Wisata
Jakarta merupakan kota yang sering
disebut sebagai Ibukota Jakarta. Kota Jakarta adalah kota yang sangat indah dan
unik, karena di Jakarta terdapat banyak wisata yang ramai akan pengunjung,
diantaranya adalah : Gelanggang Samudera Ancol ( GSA ), Dunia Fantasi ( Dufan
), Pantai Marina Ancol, PP IPTEK TMII, Museum Transportasi dan Teater Imex
Keong Mas. Banyak orang yang menyukai akan pemandangan dan tempat wisata yang
ada di Jakarta. Bahkan ada orang asing yang dating ke Jakarta hanya untuk
menyaksikan indahnya pemandangan dan tempat wisata.
Meskipun Jakarta udaranya sangat panas,
tetapi banyak orang yang suka tinggal di Jakarta. Jadi Jakarta adalah kota yang
paling banyak disukai orang. Ketika di Pantai Marina Ancol pemandangannya
begitu indah dan juga ramai akan pengunjung. Beberapa jam kemudian para
pengunjung menikmati ombak laut yang indah. Jakarta juga sering terkena banjir
ketika hujan sangat deras.
Tujuan pembuatan karya tulis ini di antaranya untuk memenuhi tugas sekolah
khususnya yang berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu,
agar siswa menambah ilmu pengetahuan yang diperoleh di sekolah dan salah satu
bidang studi yaitu :Bahasa Indonesia,IPS, dan PKN.
B.
Tujuan
Karya Wisata
Setiap kegiatan pasti
memiliki tujuan , adapun tujuan kami dalam melakukan penelitian dari
objek-objek wisata , diantaranya :
1.Sebagai
salah satu tugas Bahasa Indonesia.
2.Untuk menambah pengetahuan siswa.
3.Untuk menambah pengalaman.
4.Untuk mengembangkan potensi,etika,estetika, dan
pratika.
5.Untuk memupuk rasa cinta terhadap tanah air dan
bangsa.
6.Dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah
didapat sehingga dapat
bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
7.Bermanfaat
bagi pembaca dalam menambah pengetahuan mengenai seputar objek
8.Menambah
kreativitas
C. Manfaat Karya Wisata
1. Menambah dan meningkatkan pengetahuan/wawasan tentang
nilai-nilai Religius, Sejarah, Tekhnologi, Ilmu Pengetahuan dan Rekreasi.
2. Meningkatkan apresiasi dan kreasi siswa.
3. Meningkatkan rasa cinta tanah air dan budaya bangsa.
4. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pengalaman baru yang bersifat langsung.
5. Membangun keakraban antar siswa dan guru
2. Meningkatkan apresiasi dan kreasi siswa.
3. Meningkatkan rasa cinta tanah air dan budaya bangsa.
4. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pengalaman baru yang bersifat langsung.
5. Membangun keakraban antar siswa dan guru
BAB II
ISI
A.
Waktu
Karya Wisata
Karya wisata dilaksanakan pada tanggal 20 sampai 23 April
2017.
B.
Tempat
/ Lokasi Perjalanan
Tempat / lokasi perjalanan karya wisata adalah Jakarta –
Bandung.
C.
Peserta
Karya Wisata
Peserta karya wisata adalah kelas VIII A, VIII B, VIII C,
dan VIII D.
D.
Jadwal
Kegiatan Karya Wisata
Hari Pertama tanggal 20 April 2017
Jam
07.00 WIB Meninggalkan kota
Temanggung menuju ke Jakarta
lewat
jalur utara.
Jam
13.00 WIB Transit di rumah makan
Kedung Roso untuk makan siang
dilanjutkan
sholat.
Jam
20.00 WIB Dipersilahkan makan
malam dan istirahat di Graha
Ragunan.
Hari Kedua tanggal 21 April 2017
Jam 07.30 WIB Meninggalkan
Graha Ragunan menuju ke Ancol GSA
s/d jam 13.00 WIB dan
4 Dimensi dilanjutkan makan siang dan sholat.
Jam 14.00
WIB Meninggalkan Gelanggang
Samudra menuju Dunia
s/d
jam 18.00 WIB Fantasi meninggalkan
Dunia Fantasi
Menuju
ke penginapan Graha Ragunan untuk mandi
dilanjutkan
istirahat tidur (makan malam di Ancol).
Hari Ketiga tanggal 22 April 2017
Jam
07.00 WIB Para siswa
dipersilahkan untuk sarapan pagi dan
persiapan
untuk meninggalkan hotel.
Jam
08.00 WIB Meninggalkan Graha
Ragunan menuju ke PP IPTEK
TMII.
Jam 10.00
WIB Meninggalkan PP IPTEK TMII
menuju museum
Transportasi.
Jam
11.000 WIB Meninggalkan museum
Transportasi menuju Imex
Jam
13.00 WIB Keong Mas dilanjutkan
makan siang.
Jam
13.00 WIB Meninggalkan TMII
menuju Cibaduyut.
Jam
18.00 WIB Meninggalkan Cibaduyut
untuk menuju rumah makan
s/d 19.00 WIB Simpang
Raya. Para siswa dipersilahkan untuk makan
malam
di Rumah Makan Simpang Raya.
Hari Keempat tanggal 23 April 2017
Jam 06.00 WIB Kalau jalan tidak macet diharapkan sudah sampai di kota
Temanggung
tercinta.
E. Hasil Karya Wisata
1. Dunia Fantasi
Dunia Fantasi dibuka untuk
umum 29 Agustus 1986, populer dengan sebutan "Dufan", adalah theme
park pertama yang dikembangkan oleh Ancol, merupakan pusat hiburan terbesar di
Indonesia mengajak pengunjung ber - Fantasi Keliling Dunia, dengan menampilkan
wahana - wahana permainan berteknologi tinggi, terbagi kedalam 8 tema kawasan,
yaitu : Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat dan Balada
Kera.
Sejarah Dunia Fantasi
Dunia fantasi atau disebut
juga Dufan yang diresmikan pada 29 Agustus 1985 adalah tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol (Ancol
taman impian), Jakarta Utara, Indonesia. Dunia Fantasi memiliki
maskot seekor kera bekantan yang bernama Dufan lahir tanggal 29 Agustus 1985.
Dufan merupakan tempat
hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara dengan
luas sekitar 9.5 hektar. Memiliki beraneka macam wahana yang menarik. Selain
atraksi permainan, kawasan ini juga memiliki sejumlah restoran dan toko-toko
suvenir.
Mengenal Karakter/Maskot
Dunia Fantasi
1. Dufan
: dunia fantasi
2. Dufi
3. Kabul
: katak gembul
4. Bije
: bison jenaka
5. Garin : garuda indonesia
6. Tanit : tapir genit
7. Kombi : komodo gembira
8. Cili
: kancil licik
9. Barus :
babi rakus
2. Gelanggang Samudera
Ancol
Gelanggang Samudra Ancol merupakan sebuah oseanarium atau oceanarium.
Oseanarium merupakan taman mamalia laut dan mahluk laut lainnya. GSA terletak
di Jakarta Utara. Sejak awal berdirinya pada tahun 1966, Ancol Taman Impian
atau biasa disebut Ancol sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu
oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Pemda
DKI menunjuk PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP)
Proyek Ancol yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan
perekonomian nasional serta daya beli masyarakat.Selain menikmati rekreasi
bersama keluarga, di sini anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan yang
menarik mengenai mamalia laut seperti lumba-lumba, paus, singa laut, dan
binatang laut lainnya. Gelanggang Samudra Ancol juga menjadi sarana konservasi
satwa laut. Wahana utama yang terdapat di Gelanggang Samudra, Ancol. Pertama,
adalah wahana pertunjukan Aneka Satwa,
wahana pertunjukan Singa Laut,
wahana pertunjukan Lumba-Lumba,
serta wahana Sinema 4D,
Underwater Theater.
-Pertunjukan Aneka Satwa
Pertunjukan paling awal, Anda dapat menyaksikan pentas aneka satwa. Pertunjukan akan dimulai
dengan aksi dari 2 ekor berang-berang. Mereka akan beraksi dengan berjalan di
atas lingkaran yang menyerupai roda, naik sepeda, berjualan bakso dan bermain
basket.
Selanjutnya, akan tampil beruang madu yang beraksi dengan berputar,
menangkap hula hup, mengendarai mobil dan berolahraga. Kehadiran kuda nil besar
yang diiringi dengan musik Jawa merupakan bagian terakhir. Menurut pelatihnya,
berat badan kuda nil ini lebih dari 1 ton. Pelatih akan memberikan makanan
seperti sayur-sayuran dan buah-buahan dalam jumlah banyak sekaligus. Kuda nil
yang membuka mulut besarnya sambil mengunyah makanan menjadi penutup
pertunjukan. Tingkah dari satwa-satwa tersebut akan membuat Anda dan anak-anak
tertawa karena ditambah komentar dari pengisi suara yang lucu dan cocok dengan
tingkah satwa.
-Underwater Theater
Menyajikan pertunjukan Russian Beauty of The Sea. Dalam pertunjukan itu,
tujuh pemainnya adalah penari balet dalam air dari Rusia. Para penari itu
berkolaborasi dengan enam penyelam asal Indonesia dan empat lumba-lumba.
Pertunjukan tersebut masih dipadu lagi dengan teknologi multimedia yang
menarik.
-Film 4D
Pertunjukan film ini menarik, karena kita menonton film 3D dengan
menggunakan kaca mata khusus, duduk di kursi yang dapat bergerak, lalu ditambah
dengan special effect seperti hembusan angin, cipratan air, dll. Sehingga
penonton seakan-akan ada di dalam film tersebut. Mirip dengan salah satu
atraksi di Universal Studio Singapore (Shrek 4D)
-Scorpion Pirate
Menyerupai setting pertempuran laut melawan bajak laut kalajengking
dengan maneuver jet ski yang dipadu dengan atraksi terjun bebas dan menyelam!
Seluruh kombinasi dari penerapan teknologi spesial efek, design setting lokasi,
sampai persiapan yang matang dari stunment professional adalah sebuah paket
yang membungkus sebuah show menjadi sempurna dan mempunyai magnet tersendiri.
3. PP IPTEK
Pusat
Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Science Center) atau disingkat
PP-IPTEK Adalah sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuh kembangkan
budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan
kreatif. Gagasan pendiriannya berawal dari Mentri Riset dan Teknologi Republik
Indonesia, Prof.Dr.B.J.Habibie, yang berkeinginan bagaimana mencerdaskan
masyarakat Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Dibangunlah
PP-IPTEK digedung terminal B Skylift-TMII di atas lahan seluas 1000 m2 dan
diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1991.
Pada
perkembangannya, PP-IPTEK menempati gedung baru terletak di poros utama kawasan
timur Taman Mini "Indonesia Indah" menghadap Monumen Persahabatan KTT
Non Blok. Gedung ini bergaya arsitektur futuristic dengan luas bangunan 24.000
m2 di atas lahan 42.300 m2, merupakan bangunan besar yang menempati areal
terluas ke dua di TMII, dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 10
November 1995.
Pusat
peragaan ini dibangun dengan maksud menyadarkan masyarakat mengenai
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia secara sangat cepat.Arah
perkembangan ini harus disadari agar kita dapat mengikutinya untuk kemudian
maju bersama perkembangan tersebut.peragaan di PP-IPTEK dibuat sangat
menyenangkan dan menghibur, melalui berbagai program dan peragaan interaktif
yang dapat disentuh dan dimainkan. Melalui interaksi ini, diharapkan mampu
mendorong tumbuhnya pemikiran tentang apa, mengapa dan bagaimana iptek digali
dan dimanfaatkan bagi umat manusia agar lebih nyaman dan sejahtera.
Momok
mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi yang serius dan membosankan
terbantahkan.Pengunjung dapat mengembangkan motivasi dalam memahami
prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mudah dan berkesan
melalui 250 alat peraga yang bisa disentuh, dipegang dan dimainkan. Peraga
disiapkan untuk anak-anak dari taman kanak-kanak (TK) sampai dengan sekolah
lanjutan tingkat atas (SLTA) dan di sediakan lembar kerja sains yang akan
memandu anak didik untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi agar lebih
terarah dan intensif. Beberapa alat peraga menantang misalnya sepeda layang,
roket air, try science, generator van de graft, dan simulator gempa bumi.
Kegiatan
yang ditawarkan kepada pengunjung beragam dan disesuaikan dengan sasaran: untuk
tingkat taman kanak-kanak, sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP),
sekolah menengah umun (SMU), dan keluarga ; meliputi sanggar kerja dan demo
ilmu pengetahuan dan teknologi, pelatihan perancangan alat peraga, science
fair, pelatihan proses ilmu pengetahuan alam, pelatihan peduli lingkungan
hidup, science camp, peneropongan bintang, aneka lembar kreatifitas dan kuis,
dan lomba perancangan alat peraga.
Disamping
itu pengunjung bisa menyaksikan film-film ilmiah yang diputar di ruang
auditorium berkapasitas tempat duduk 130 orang untuk menambah ilmu pengetahuan
yang menghibur dan dapat memahami sains dengan cara yang mudah dan
menyenangkan.
IPTEK
tidak hanya menyediakan sarana untuk penduduk Jakarta dan sekitarnya, melainkan
juga memiliki program kegiatan outreach ke mal dan pusat keramaian, desa,
sekolah, dan daerah dengan membawa peralatan peraga yang bersifat portable
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dengan adanya pembuatan karya tulis
ini kami dapat memperoleh manfaat yang akan kami jadikan pelatihan di jenjang
selanjutnya. Sehingga dalam pembuatan karya tulis merupakan pelatihan bagi kami
semua. Serta dalam pembuatan karya tulis ini membuat kami lebih terampil dan
bertanggung jawab menyelesaikan tugas yangtaelah kami terima. Dan dari beberapa
objek yang telah kami kunjungi maka dapat kami simpulkan bahwa objek-objek itu
mempunyai potensi dan manfaat dalam berpatisipasi pada pembangunan bangsa
dewasa ini pada masa yang akan mendatang, khususnya di bidang pariwisata,
pendidikan, dan kebudayaan.
Masing-masing objek yang kami
kunjungi mempunyai ciri khas masing-masing. Sehingga tiap-tiap objek mempunyai
manfaat dan daya guna yang lebih luas.Kami selaku siswa sangat senang,karena
disetiap tempat yang penulis kunjungi mempunyai kelebihan dan keistimewaan
tersendiri. Kami dapat berekreasi dengan senang,dan berekreasi ternyata sangat
penting dalam menambah wawasan serta pengetahuan yang besar bagi kita dengan
cara bermain. Ditanah air ini banyak bermacam-macam obyek wisata yang bisa kita
kunjungi sebagai sarana bermain dan belajar.
B. Saran-Saran
Untuk pihak pengelola di setiap
objek wisata masih terdapat beberapa keadaan dan prasarana yang diperlakukan
sebagai penunjang objek-objek tersebut antara lain:
·
Pengunjung
hendaknya mendapatkan pelayanan yang menyenangkan, oleh karena itu setiap obyek
hendaknya diucapkan yang bersifat untuk dipamerkan pemeliharaan juga penting
dilakukan sehingga tidak mengecewakan pengunjung.
·
Obyek-obyek
itu di perbaharui atau di tingkatkan lebih menarik perhatian para pengunjung
sehingga dapat menambah penghasilan dan devisa Negara.
·
Obyek-obyek
yang sifatnya sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesina hendaknya dijaga kemurnian
dan kebersihan lingkungan.
·
Adanya
buku-buku petunjuk dari objek itu sendiri yang memuat keterangan tentang objek
tersebut, sejarah didirikannya, aturan-aturan yang harus dipatuhi dll.
·
Menambah
waktu kunjungan di setiap objek wisata, sehingga siswa mendapatkan data-data
yang lengkap. Dengan penambahan waktu diharapkan dapat menggali dan mendapatkan
pengetahuan lebih banyak tentang objek wisata tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar