Selasa, 03 Oktober 2017

RESENSI BUKU Putusnya Tali Persaudaraan Hanya Karena Harta

RESENSI BUKU
Putusnya Tali Persaudaraan Hanya Karena Harta
Judul Buku       : Di Bawah Telapak Kakimu
Penulis             : Taufiqurrahman Al-Azizy
Penerbit           : PT. Piramida Citra Perkasa
Cetakan           : Tahun 2013
Tebal               : 268 halaman
Di dalam buku ini Taufiqurrahman Al-Azizy menceritakan bahwa sebuah harta dapat memutuskan ikatan tali persaudaraan yang sangat sulit untuk dipersatukan kembali. Penulis menuliskan kisah tersebut agar pembaca dapat menggambarkan suatu pemikiran yang lebih mementingkan persaudaraan daripada sepetak tanah yang tidak diketahui pemiliknya dengan jelas.
Dari 268 halaman yang berisi perebutan sepetak tanah  yang dapat memutuskan ikatan tali persaudaraan, yang diawali dengan permusuhan.
Antara kakak beradik mengenai sepetak tanah peninggalan dari nenek moyangnya. Seorang janda yang memiliki satu anak harus menghadapi permasalahan kepada keluarga kakaknya yang keras kepala. Seorang janda tersebut bernama Mak Ijah dan anaknya bernama Dimas serta kakaknya yaitu Pak Haris. Mereka mempermasalahkan  sepetak tanah (sawah) tersebut hingga melibatkan orang-orang disekitar mereka. Tidak ada yang tahu mana yang benar dan mana yang salah. Semua saling bertolak pendapat dan mereka membela yang dianggap benar oleh dirinya sendiri.
Meskipun akhirnya semua kebenaran itu telah terungkap,  segala kepedihan sudah tidak bisa dihapus kembali. Fitnah yang sangat kejam telah diterima oleh Mak Ijah tanpa Mak Ijah membalasnya dengan keburukan. Mak Ijah menerimanya dengan lapang dada. Mak Ijah yang terpojok hanya bisa pasrah saja. Mak Ijah yang miskin dan janda seringkali digunjingi warga dan dihina. Memang, Mak Ijah kalah dalam sengketa sawah itu, tetapi dia tidak pernah kalah di hadapan yang Maha Kuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar